Mengenal Pengertian dan Prinsip Kerja Genset

Dalam kehidupan sehari – hari, kita tentu sudah sering menemukan genset di berbagai tempat, entah itu di rumah sakit, hotel, kantor ataupun minimarket, bukan? Berkaitan dengan mesin pembangkit listrik tersebut, di ulasan kali ini akan kita bahas secara lengkap mengenai pengertian dan juga prinsip kerja genset yang tidak banyak orang tahu.

Pengertian dan prinsip kerja genset

Meskipun sudah banyak digunakan di berbagai tempat, akan tetapi terkadang masih ada sebagian masyarakat yang bingung ketika diminta menjelaskan mengenai apa itu genset. Oleh karena itulah, di bawah ini akan kita bahas mengenai pengertian dan juga prinsip / cara kerja dari genset itu sendiri. 

  1. Pengertian genset

Secara umum, genset / generator set merupakan sebuah mesin yang berguna untuk merubah energi gerak menjadi energi listrik, atau dengan kata lain genset merupakan mesin khusus yang bisa menghasilkan listrik. Dalam mesin penghasil sumber listrik ini, biasanya akan memadukan antara pembangkit listrik dengan penggerak, sehingga nantinya dapat menghasilkan tenaga listrik. Adapun dalam menghasilkan listrik, genset membutuhkan sumber bahan bakar tertentu yang bisa diperoleh dari penggunaan diesel ataupun bensin. 

  1. Prinsip / cara kerja genset

Jika tadi kita sudah membahas sekilas pengertian mengenai genset, maka selanjutnya Anda perlu tahu mengenai prinsip kerja genset itu sendiri. Dalam hal ini dikatakan, bahwa cara kerja genset dilakukan dengan cara memutar kumparan yang terdapat pada medan magnet, sehingga nantinya akan dapat menghasilkan energi induksi. Jadi disini bisa dikatakan, bahwa mengenai prinsip cara kerja dari genset sendiri, yakni dikatakan sinkron atau sesuai dengan proses induksi elektromagnetik.

Dimana ketika penggerak berhasil memutar rotor, maka kutub rotor tersebut nantinya akan ikut berputar. Adapun pada saat kumparan kutub sudah diisi dengan tegangan searah, maka ada permukaan kutub tersebut akan timbul yang namanya medan magnet yang bisa berputar.

Demikianlah tadi penjelasan lengkap yang bisa Anda ketahui dan pahami seputar pengertian dan juga prinsip kerja genset. Dengan mengetahui informasi ini, maka ketika ditanya mengenai pengertian dan cara kerja dari genset, Anda nantinya tidak akan merasa bingung lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *