5 Metode Pengajaran Dalam Kuliah Sistem Online Yang Harus Anda Tahu

Metode pengajaran saat kuliah sistem online sangat berbeda dengan kelas kuliah biasa. Hal ini membuat mahasiswa harus adaptasi agar sukses dan lancar kuliah online. Agar mudah adaptasi, mari bahas metode pengajaran di kelas online ada artikel berikut!

Video Call Kelas Kuliah

Metode ini mirip seperti pengajaran di kelas, tapi dalam model video call. Jadi, dosen akan menjelaskan lewat video call sama seperti di depan kelas. Para mahasiswa yang menghadiri video call akan dibatasi agar proses kuliah online berjalan lebih efisien.

Dalam sesi ini, mahasiswa dapat bertanya dengan dosen, tapi akan lebih sulit interaksi dengan mahasiswa lain. Karena dalam video call, pembicaraan dengan mahasiswa lain akan mengganggu desen berbicara. Jadi, lebih fokus mendengarkan, membuat catatan dan bertanya ke dosen jika diberi kesempatan.

Belajar Mandiri Sesuai Material yang Ditentukan

Pada kuliah biasa, mahasiswa dapat sukses di kelas hanya dengan mengikuti penjelasan dosen. Namun, pada kuliah sistem online, kebutuhan belajar mandiri lebih penting. Pastikan baca material kuliah dan memahaminya. Jika perlu, baca informasi tambahan di internet seputar materinya agar lebih mudah menyerap informasi.

Forum Diskusi

Umumnya, setiap kelas kuliah online akan diberi fasilitas forum. Forum ini akan diawasi oleh dosen dan menjadi tempat mahasiswa saling berdiskusi dan belajar satu sama lain. Interaksi yang aktif pada forum akan mendapatkan nilai tersendiri dari dosen.

Jadi, walaupun bisa lulus tes dan mengumpulkan tugas kuliah tepat waktu, bisa saja mahasiswa mendapatkan nilai kurang aktif di forum. Jadi, pastikan menunjukan antusiasme diskusi di forum agar dosen memberi nilai lebih positif.

Tugas Kuliah Online

Banyak dosen menggunakan metode ini sebagai alat bantu mahasiswa untuk belajar. Jika harus selesaikan tugas, mahasiswa mau tidak mau harus belajar soal materi yang diminta. Pastikan melatih disiplin agar tugas online ini dapat diselesaikan tepat waktu.

Test Secara Digital

Tes secara online jauh berbeda. Mahasiswa umumnya diberi waktu lebih pendek untuk mengerjakan soal dan harus menggunakan kamera menyala. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi kecurangan saat melakukan tes. Pastikan koneksi internet lancar agar tidak terkena diskualifikasi karena disconnect.

Setelah tahu metode – metode pembelajaran di kuliah sistem online, Anda harus mau adaptasi dengan metode ini jika ingin sukses kuliah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *