4 Cara Mudah Untuk Merawat Mesin Genset Diesel Agar Tidak Mudah Rusak

Bagaimanakah cara merawat genset diesel yang tepat? Sebagai sumber energi alternatif, genset diesel terbukti memberikan berbagai manfaat bagi penggunanya. Bahkan dibandingkan dengan sumber energi lainnya, genset diesel dianggap lebih menguntungkan. Selain lebih hemat energi dan tahan lama, cara perawatannya pun dianggap lebih mudah.

Namun tentu saja, walaupun dibilang mudah, Anda harus melakukan perawatan dengan cara yang tepat. Lalu, apa sajakah yang harus Anda lakukan agar mesin diesel genset Anda menjadi lebih tahan lama? Berikut ini pemaparannya.

Simpan di Tempat Kering

Tempat penyimpanan genset sangat berpengaruh pada kondisi mesin, baik di bagian luar maupun dalam. Kuncinya adalah untuk menempatkan genset di tempat yang kering dan tidak lembab. Selain itu, pastikan genset tidak berada di bawah sinar matahari langsung. Dengan demikian, mesin tidak akan mudah berkarar dan berjamur yang pastinya akan mengganggu kinerjanya.

Bersihkan Mesin Secara Rutin

Walaupun genset diesel Anda mungkin jarang digunakan, bukan berarti Anda jarang membersihkannya pula. Ya, khususnya sebelum dan sesudah pemakaian, Anda sebaiknya membersihkan mesin hingga ke bagian dalam. Bahkan ketika mesin memang hampir tidak pernah dipakai, pastikan untuk menyempatkan waktu untuk membersihkan secara teratur.

Lakukan Pemeriksaan Rutin

Ada bagian-bagian dalam mesin genset yang mudah rusak dan kotor apabila tidak diperiksa secara rutin dan seksama. Diantaranya adalah pada bagian bahan bakar, aki, indikator, sistem pembuangan, dan kabel-kabel instrumennya. Tidak jarang, kerusakan-kerusakan kecil pada bagian tersebut menyebabkan genset tidak bisa digunakan sepenuhnya. Jika Anda merasa tidak punya kemampuan dalam melakukan pemeriksaan, ada baiknya untuk menyewa tenaga ahli untuk melakukannya.

Panaskan Mesin Secara Rutin

Selain melakukan pembersihan dan pengecekan rutin, ada satu hal lagi yang wajib dilakukan secara berkala, yaitu memanaskan mesin. Pemanasan mesin membuat mesin secara teratur dapat mengeluarkan kotoran dan debu yang ada di dalamnya. Mesin juga tidak akan mudah macet pada saat Anda butuh untuk menggunakannya. Jadi, walaupun mesin genset diesel Anda jarang digunakan, pastikan untuk memanaskannya secara rutin ya?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *