5 Cara Penghematan Bahan Bakar Untuk Mesin Genset Mitsubishi

Pemakaian bahan bakar pada genset Mitsubishi perlu diperhatikan untuk mencegah pemborosan yang tentunya merugikan secara finansial. Risiko lain yang mengintai dari pemakaian bahan bakar yang kurang bijak adalah kerusakan komponen dalam, khususnya pada mesin. Lalu, apa yang sebaiknya Anda lakukan supaya konsumsi bahan bakar lebih efisien dan efektif?

  1. Servis genset walau tak rusak

Sejumlah orang menganggap servis hanya dilakukan pada alat yang bermasalah atau rusak. Kenyataannya, pemeliharaan berkala membantu mencegah gangguan dan kerusakan sejak dini. Bahkan saat genset berfungsi normal, periksakan untuk memastikan performanya stabil.

Pada pemeriksaan yang berkaitan dengan bahan bakar, teknisi akan memastikan jalur penyuplai mampu melakukan pengaliran dan penyemprotan tanpa masalah.

  1. Pemeliharaan pada mesin diesel

Apa Anda memakai genset bermesin diesel? Pemeliharaan yang diberikan harus lebih rutin mengingat konsumsi bahan bakar cenderung lebih banyak. Pembersihan dan penggantian oli yang teratur menjadi rutinitas yang dimasukkan untuk mencegah pengendapan yang berbahaya.

Jika perawatan ini diabaikan, putaran mesin pada genset akan lebih barat. Akibatnya, pemakaian bahan bakar terus bertambah, sementara mesin bekerja di luar kapasitas sampai rusak.

  1. Gunakan solar berkualitas baik

Hindari pemakaian bahan bakar kualitas rendah, apalagi oplosan, dengan alasan menghemat pengeluaran. Kenyataannya, langkah gegabah ini malah memberikan dampak lebih buruk pada genset Mitsubishi. Dari berkurangnya performa hingga kerusakan yang memicu mesin mati total.

Oleh karena itu, gunakan solar berkualitas baik sesuai jenis genset. Memang harganya lebih mahal, tetapi dijamin akan menekan biaya bahan bakar sekaligus meningkatkan ketahanan mesin.

  1. Ganti filter genset secara berkala

Langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan untuk mencegah pembengkakan biaya bahan bakar adalah mengganti filter secara berkala. Komponen ini berfungsi menyaring kotoran dan partikel lain yang mengontaminasi oli maupun bahan bakar. Jadi, mesin jarang mengalami masalah serius.

Namun, membiarkan filter tak dicuci dalam waktu lama akan balik membahayakan genset. Maka dari itu, daripada mengeluarkan biaya ekstra untuk mengganti ganti rugi, cuci saja filter secara berkala.

  1. Cek radiator atau sistem pendingin

Untuk mencegah overheating, terdapat radiator atau sistem pendingin air yang dibenamkan pada genset. Seperti mesin dan filter juga komponen ini perlu diperiksa secara rutin. Saat level berkurang, tambahkan sampai maksimal. Gunakan air bersih juga untuk mencegah penumpukan kotoran.

Membiarkan sistem pendingin dipakai secara berlebih tak hanya mempercepat overheat, tetapi juga memperpendek usia genset. Akibatnya, Anda harus mengeluarkan biaya besar untuk perbaikan.

Demikian langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menghemat bahan bakar yang digunakan pada genset Mitsubishi. Alhasil, Anda bisa memakai alat ini dalam waktu lama tanpa memusingkan pengeluaran untuk penggantian komponen.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *