Mengenal Convection Oven Untuk Industri Mikro: Penggunaan, Dan Cara Memilih

Industri pembuatan kue skala kecil tentunya membutuhkan oven dengan jenis dan dimensi yang sesuai pula. Convection oven dengan berbagai kelebihan yang ditawarkan akan sangat sesuai dengan tujuan ini. Bagi Anda yang ingin membuat kue untuk usaha rumahan atau sekedar hobi, berikut segala sesuatu tentang oven jenis convection yang perlu Anda ketahui.

Apa Itu Oven Convection dan Bagaimana Cara Kerjanya?

Secara singkat, oven convection atau oven konveksi adalah jenis oven yang dilengkapi kipas blower untuk sirkulasi udara yang lebih merata. Tidak seperti oven konvensional, oven convection juga memiliki sumber panas tersendiri. Anda bisa menemukan sumber api di bagian dinding belakang oven jenis ini. 

Dengan adanya kipas internal, hasil panggangan roti akan matang lebih merata dan cita rasa bisa terjaga dengan baik. Sementara itu, sumber panas internal yang terdapat pada oven konveksi membuat Anda tidak perlu repot menyalakan api di atas atau bawah seperti saat menggunakan oven gas deck atau oven manual. 

Fitur-fitur seperti kipas dan sumber panas internal membuat proses pemanggangan lebih cepat dan hemat energi. Tidak hanya itu, hasil panggangan roti atau kue juga lebih maksimal, matang sempurna, kering, dan renyah. Oven jenis ini akan menjadi pilihan paling sesuai bagi Anda yang ingin membuka usaha kue kering, pastry, maupun croissant.

Cara Memilih Oven Convection

Karena kepopulerannya, Anda bisa menemukan convection oven dengan mudah di pasaran. Akan tetapi, banyaknya merk yang tersedia mungkin akan membuat proses pemilihan menjadi sedikit lebih sulit. Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum memilih oven konveksi untuk usaha rumahan Anda.

  1. Pertimbangkan Fungsi

Sebelum menjatuhkan pilihan, pastikan Anda mempertimbangkan fungsi oven konveksi yang akan Anda beli berdasarkan faktor kebutuhan. Bagi Anda yang ingin membeli oven untuk sekedar menjalani hobi membuat kue tentunya membutuhkan oven konveksi dengan fitur dan dimensi yang tidak terlalu besar. 

Berbeda halnya jika Anda ingin menjalankan usaha kue di rumah. Tentunya Anda membutuhkan oven konveksi dengan ukuran lebih besar untuk efisiensi. Hal ini akan memungkinkan Anda untuk memasukkan lebih banyak loyang ke dalam oven dalam satu kali proses pemanggangan. 

  1. Pilih Merk dengan Reputasi Baik

Tidak semua merk oven konveksi yang Anda temukan di pasaran merupakan brand terpercaya. Untuk itu pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu untuk mencari tahu merk-merk oven konveksi dengan kualitas yang baik. 

Anda bisa mengunjungi website resmi brand tersebut dan melihat ulasan dari pembeli-pembeli sebelumnya. Mengunjungi laman resmi perusahaan juga memungkinkan Anda mencari tahu spesifikasi produk, beserta kelebihan dan kekurangannya. Jika diperlukan, Anda bisa menggali informasi dari keluarga atau kolega yang pernah menggunakan brand yang sama sebelumnya.

  1. Sesuai Budget

Pastikan Anda menyesuaikan budget yang Anda miliki dengan harga convection oven yang ada. Ingat, oven konveksi yang mahal tidaklah diperlukan selama produk tersebut bisa berfungsi sesuai dengan kebutuhan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *