Prospek Kerja Di Bidang Data Science

Materi kuliah data science menggabungkan banyak bidang ilmu lainnya, seperti ilmu matematika, statistika, komputer, dan sistem informasi. Data science memang menjadi jurusan yang populer karena semakin banyak perusahaan yang menyadari pentingnya pengelolaan data. Berikut adalah prospek karir di industri data science.

Data Architect

Sama seperti arsitek pada umumnya, data architect juga bertugas untuk mendesain, mengembangkan, dan mengelola infrastruktur perusahaan, namun dalam hal ini adalah data. Profesi ini bertanggung jawab untuk memastikan kualitas data agar dapat diakses dan dioptimasi oleh pihak yang berwenang di sebuah perusahaan.

Seorang arsitek data akan bekerja sama dengan tim Teknologi Informasi (TI) terkait dengan pembuatan laporan sistem manajemen data, meriset dan mengevaluasi arus manajemen data, membangun inventory data, dan membuat blueprint untuk membangun serta melakukan tes infrastruktur.

Data Scientist

Prospek karir di bidang data science tentunya adalah data scientist. Profesi ini adalah yang berada di balik kendali teknologi pengolahan data sebuah bisnis atau perusahaan. World Economic Forum menyebutkan bahwa data scientist akan menjadi profesi yang paling dicari di masa depan, menjadikannya karir yang paling menjanjikan.

Untuk menjadi data scientist, seseorang tentunya wajib memahami dan menguasai berbagai materi kuliah data science, termasuk statistika, matematika, dan pemrograman. Seorang data scientist bertugas untuk mengolah data menjadi informasi yang mudah dipahami oleh orang awam, untuk selanjutnya digunakan sebagai dasar atau panduan dalam mengambil keputusan.

Data Engineer

Data engineer memiliki tugas utama untuk menyiapkan data dari berbagai macam sumber dan memastikan infrastruktur data sebuah perusahaan dapat beroperasi dengan baik. Selain itu, profesi ini juga berperan dalam mengumpulkan, mengolah, dan merapikan data agar dapat dianalisis oleh data analyst.

Tugas lainnya dari seorang data engineer adalah mengoptimalkan infrastruktur perusahaan dengan menggunakan cloud computing untuk pengiriman dan pendistribusian data yang lebih optimal.

Itu tadi adalah beberapa prospek karir di bidang data science. Untuk menjadi salah satunya, pastikan kamu menguasai berbagai macam materi kuliah data science yang diajarkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *