Sous Vide Machine Bisa Masak Apa Saja?

Sous vide machine bisa digunakan untuk memasak aneka jenis makanan, termasuk daging, ikan, ayam, sayuran, bahkan makanan penutup. Metode ini memungkinkan Anda untuk menciptakan makanan yang lembut dan lezat. Inilah daftar makanan yang dapat dimasak dengan mesin sous vide. 

Daging

Metode sous vide cocok digunakan untuk memasak aneka jenis daging olahan, seperti steak, roast, daging sapi cincang, babi, domba, dan lainnya. Metode ini membuat Anda mampu mencapai tingkat keempukan dan kematangan sempurna. Namun rasa dan nutrisi alami dari daging tidak akan hilang karena perangkat sous vide bisa menjaga kandungan yang ada di dalam dagingnya. Oleh karena itu banyak koki profesional yang lebih memilih menggunakannya. 

Ikan

Selanjutnya ada bahan makanan berupa ikan. Proses memasak ikan dengan sous vide dapat memberikan hasil yang optimal, tekstur daging ikannya menjadi lebih lembut dan lezat. Anda bahkan bisa menggunakan sous vide machine ini untuk memasak ikan salmon, ikan tuna, ikan kerapu, dan jenis ikan lainnya. 

Ayam

Tidak jauh berbeda dengan daging dan ikan, metode memasak sous vide ini mampu menghasilkan daging ayam yang lembut dan juicy. Rasanya tentu lebih lezat mengingat metode memasaknya yang tepat di mana nutrisinya tidak hilang. Anda bisa memasak ayam bagian paha, dada, atau bahkan seluruh ayam menggunakan perangkat sous vide. 

Sayuran

Jika Anda berpikir bahwa mesin sous vide hanya untuk memasak daging, ayam, dan ikan, maka itu salah. Anda juga bisa mengolah sayuran menggunakan mesin canggih tersebut. Jadi, sous vide merupakan metode memasak yang mampu menjaga kelembaban dan nutrisi. Oleh karena itu sayuran juga dapat dimasak menggunakan alat ini. Sayuran yang dapat dimasak antara lain wortel, brokoli, asparagus, labu, dan kentang. 

Telur

Telur adalah makanan yang mengandung protein tinggi. Mesin sous vide ini juga bisa digunakan untuk memasak telur dengan berbagai cara seperti telur mata sapi, telur rebus, dan custard. Jika Anda suka dengan makanan laut seperti kerang-kerangan, kepiting, maupun udang, juga bisa menggunakan mesin sous vide. 

Jadi, manakah makanan yang akan  Anda olah menggunakan sous vide machine? 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *