Memilih Moisturizer Anti Jerawat, Ini yang Harus Anda Perhatikan!

Kulit Anda termasuk kulit berjerawat, maka Anda tidak boleh sembarang memilih pelembab. Sebaiknya pilih dan gunakan moisturizer anti jerawat, hal tersebut dilakukan untuk membuat kulit tetap lembab, terhidrasi, namun jerawat tidak meradang. Berikut adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika akan memilih pelembab untuk kulit berjerawat, yaitu :

Pilih yang non-comedogenic  dan sifatnya humektan

Hal pertama yang perlu diperhatikan adalah pilih pelembab dengan label, non-comedogenic atau juga acne safe. Tujuannya agar pori pori kulit tidak mudah tersumbat, dan mencegah timbulnya komedo dan juga jerawat.

Formula yang digunakan untuk jenis moisturizer ini biasanya ringan, dan tidak mengandung minyak. Selain itu, bahan yang digunakan juga sifatnya humektan, bekerja dengan cara mengikat air, dan bukan menutup permukaan kulit.

Perhatikan kandungan pelembab dan teksturnya

Berikutnya perhatikan dan pilih moisturizer anti jerawat, yang tidak membuat kulit terasa berminyak, seperti pilih dan gunakan :

  • Moisturizing agent yang bersifat humektan

Dalam hal ini ada 2 moisturizing agent yang sifatnya humektan, seperti :

  1. Hyaluronic acid

Hyaluronic acid atau disingkat jadi HA sendiri, mampu mengikat air sebanyak 1.000 kali dari beratnya sendiri. Walau pada dasarnya ada di dalam tubuh manusia, namun seiring bertambahnya usia, kelembaban tersebut mulai berkurang. Terasa lembut di kulit dan dapat digunakan oleh semua jenis usia.

  1. Niacinamide

Niacinamide sendiri adalah salah satu turunan dari vitamin B3, dimana kandungan tersebut mudah larut dalam air. Biasanya digunakan untuk menstimulasi pembentukan ceramide yang ada di dalam tubuh, memberikan efek mencerahkan, serta dapat memperkuat skin barrier.

  • Pelembab wajah dengan formula ringan

Umumnya, pelembab yang untuk kulit berjerawat mempunyai tekstur gel, karena teksturnya terasa dingin dan menyegarkan. Namun ada juga yang teksturnya lotion dan juga cream water based, dimana tekstur tersebut sifatnya ringan dan tidak lengket di kulit.  

Anda dapat mencari tahu tentang tekstur dari pelembab tersebut melalui deskripsi produk atau juga ulasan dari para penggunanya.

Pilih pelembab dari bahan soothing agents yang dapat menenangkan kulit

Ketika Anda memilih pelembab untuk kulit berjerawat, sebaiknya pilih yang mengandung efek soothing, karena pada dasarnya kulit berjerawat rentan mengalami peradangan. Ketika pelembab mempunyai efek tersebut, kulit jadi terasa lebih tenang, dan resiko inflamasi dapat lebih diminimalisir.

Berikut adalah beberapa jenis bahan yang mengandung efek soothing, antara lain :  

  • Aloe vera

Ini adalah salah satu jenis bahan yang sifatnya humektan. Selain memberikan efek soothing, juga aman untuk kulit sensitif.

  • Witch hazel

Hamamelis virginana atau disebut juga dengan witch hazel, tidak hanya mampu melembabkan kulit, namun juga mampu mengontrol produksi sebum pada wajah.

  • Tea tree

Kandungan ini kaya antioksidan, anti-acne, dan antibacterial.

  • Centella Asiatica

Mengandung bahan anti inflamasi, yang baik untuk acne prone skin.

Ada baiknya pilih pelembab yang dapat memudarkan noda bekas jerawat

Sebaiknya pilih juga moisturizer yang mampu memudarkan noda bekas jerawat, seperti luka kemerahan, scar, bercak kecoklatan, atau bahkan noda kehitaman. Adapun jenis bahan bahan pada moisturizer anti jerawat yang mampu mengatasi noda hitam tersebut, antara lain Glycolic acid, Niacinamide, Vitamin C.

Selain itu pilih juga moisturizer anti jerawat yang mengandung exfoliant, seperti BHA dan juga AHA, karena zat tersebut mampu mengangkat sel kulit mati, agar pori pori kulit tidak tersumbat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *