4 Tips Membeli Kulkas Freezer Bawah

Bottom freezer fridge atau kulkas freezer bawah banyak diminati karena kemudahan dalam pengambilan bahan makanan non beku yang lebih sering dikeluar masukkan. Namun perlu perhatikan beberapa hal berikut ini guna menentukan pilihan pada saat hendak membelinya.

Kapasitas Kulkas

Pilih besaran kapasitas kulkas bottom freezer sesuai kebutuhan dan besaran anggaran yang tersedia. Hal ini karena semakin besar kapasitasnya maka akan semakin tinggi harganya. Namun secara rata-rata, biasanya 

kapasitas kulkas freezer bawah lebih besar jika dibandingkan dengan kulkas dua pintu biasa. Kapasitasnya pada umumnya mulai dari dari 300 L, meski ada juga yang dalam kapasitas 250 L. Sehingga kapasitas freezer  nya juga akan lebih besar jika dibandingkan yang ada pada kulkas dua pintu biasa. Sebagai patokan secara standar kebutuhan tiap orang adalah sekitar 50 liter hingga 70 liter.

Pilih yang Hemat Listrik

Makin besar besar kapasitas kulkas, maka selain semakin tinggi harganya juga akan makin besar pula kebutuhan dayanya. Meski demikian tak perlu terlalu khawatir karena biasanya kulkas freezer bawah itu telah menerapkan teknologi inverter. Dengan begitu maka konsumsi dayanya tidak akan terlalu besar apabila kulkas tidak terlalu sering dibuka tutup. Pada kulkas inverter maka jika sudah tercapai suhu optimumnya, maka kompresornya tidak akan memerlukan daya untuk menyesuaikan suhu kembali pada saat pintunya dibuka tutup. Bisa cek label bintang kulkas. Semakin banyak bintangnya, maka akan makin hemat listrik. Kulkas telah diuji biaya kWh per harinya. Dapat kunjungi situs Direktorat Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

Pilih Fitur Sesuai Kebutuhan

Apabila lokasi penempatan kulkasnya terbatas, maka bisa pilih kulkas reversible door, yang bisa dipindah tempat engsel untuk buka tutup pintunya. Bisa pilih aneka fitur lainnya sesuai kebutuhannya. Hal ini karena semakin lengkap fiturnya cenderung makin mahal harganya.

Cek Garansi dan Layanan Purna Jualnya

Pilih garansi yang paling panjang. Juga pilih yang mudah mendapatkan sparepartnya dan layanan perbaikannya jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan. Perhatikan garansi tersebut meliputi apa saja.

Perhatikan tips tersebut di atas ketika hendak membeli kulkas freezer bawah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *