5 Langkah Mudah Membersihkan Griddle Electric

Masih kebingungan dengan cara membersihkan griddle electric dan mencari tempat jual griddle? Hal ini wajar terjadi bagi Anda yang baru pertama kali memiliki alat ini. Tapi, tidak usah khawatir, disini kita punya beberapa tips dan langkah untuk membersihkan griddle bertenaga listrik ini.

Matikan Griddle dan Cabut Kabel 

Langkah pertama, matikan griddle elektrik Anda dengan mencabut kabelnya dari stop kontak. Hal ini perlu dilakukan untuk menghindari konsleting.

Biarkan Agak Dingin Terlebih Dahulu

Setelah itu, tunggu beberapa saat agar permukaan pan griddle menjadi agak dingin. Tapi, pastikan jangan sampai terlalu dingin atau sama dengan suhu ruangan. Kondisi pan harus masih dalam keadaan hangat tapi aman untuk dipegang oleh tangan Anda.

Bersihkan Sisa Makanan

Gunakan tisu kertas untuk membersihkan sisa-sisa makanan. Usap dengan lembut dan singkirkan sisa makanan yang mudah untuk dibersihkan dengan tisu. Langkah ini juga berguna untuk menghilangkan sisa-sisa minyak yang masih menempel pada bagian pan.

Bersihkan Dengan Air

Anda tidak boleh langsung menyiram air ke pan dari griddle electric Anda. Gunakan spons pencuci piring untuk mengambil air dan mengusapkannya pada bagian pan yang ingin dibersihkan. Agar hasil lebih baik, gunakan air panas. 

Setelah air panas sudah diusapkan pada bagian pan, tambahkan sabun cuci piring untuk membersihkan noda yang membandel. Usap perlahan agar permukaan pan dari griddle electric Anda tidak rusak.

Bila Ada noda atau sisa makanan yang masih sulit dibersihkan, gunakan cuka atau baking soda. Zat asam di bahan tersebut akan mampu mengelupas sisa makanan membandel yang menempel pada pan. Atau, Anda juga bisa memakai produk pembersih yang khusus dibuat untuk pan seperti ini.

Bila spons cuci piring tidak juga mampu membersihkan sisa makanan, gunakan spatula. Kelupas perlahan agar tidak merusak permukaan pan. Agar hasil lebih memuaskan, ulangi langkah ini dua hingga tiga kali.

Bilas Permukaan Pan

Setelah sisa makanan bersih, ambil air dingin dengan spons cuci piring. Lalu, usap permukaan pan griddle electric Anda perlahan untuk membersihkan sisa sabun yang digunakan sebelumnya. Ulangi beberapa kali, hingga bersih.

Setelah itu, Anda keringkan dengan tisu atau kain yang kering dan bersih. Dan, biarkan mengering alami di suhu ruangan. Pastikan kondisi pan dalam keadaan kering, sebelum Anda menyimpannya agar tidak muncul jamur.

Penutup

Itu dia beberapa langkah mudah yang bisa dipakai untuk membersihkan griddle electric. Pastikan saat menggunakan air, air tidak mengalir atau menyentuh pada komponen elektronik pada alat masak ini.

Agar griddle electric Anda awet dan bersih selalu, Anda harus membersihkannya begitu selesai memasak. Jangan menunda dan membiarkan sisa makanan menempel lama di pan griddle Anda. Dengan rutin membersihkan alat masak ini, maka Anda dapat memakainya dalam jangka waktu lama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *