Oven Tanam Makin Awet Pakai dengan 4 Tips Berikut

Bagi orang yang hobi membuat kue, oven adalah salah satu perabotan yang wajib dimiliki. Seiring dengan perkembangan zaman, kini oven tanam makin populer di kalangan ibu-ibu rumah tangga. Selain karena lebih praktis, oven built in tidak memakan banyak space.

Kendati demikian, oven yang sering digunakan bisa mengurangi masa pakainya. Terlebih jika oven tidak dirawat dengan benar. Berikut adalah cara merawat oven built in supaya awet pakai.

  1. Bersihkan Oven Setelah Digunakan

Apapun jenis ovennya, Anda perlu merawatnya dengan benar supaya lebih awet. Cara paling sederhana adalah dengan membersihkannya setelah digunakan. Saat oven sudah dingin, Anda dapat membersihkannya dari tumpahan bahan makanan. Bila tidak dibersihkan, sisa-sisa makanan pada oven dapat mengurangi efisiensinya dan menyebabkan asap.

  1. Gunakan Peralatan yang Tepat untuk Membersihkannya

Saat membersihkan oven tanam, gunakanlah peralatan yang tepat seperti spons. Jika ingin menggunakan bahan pembersih oven pilihlah yang direkomendasikan oleh merk yang Anda gunakan. Jangan sampai menggunakan pembersih berbahan kimia yang keras. Bahan kimia yang keras bersifat abrasif sehingga dapat merusak lapisan oven built in.

  1. Hindari Penggunaan Kertas Timah

Sebagian orang meletakkan kertas timah di bagian bawah oven untuk menahan minyak dan tumpahan makanan. Cara ini ternyata tidak dianjurkan karena kertas timah dapat memantulkan panas yang mengganggu distribusi panas di sekitar oven. Selain itu, meletakkan kertas timah ke dalam rongga oven berpotensi menghalangi kipas di dalam oven.

  1. Gunakan Pyrolytic Self-Cleaning dengan Hemat

Oven built in keluaran terbaru umumnya dilengkapi dengan fitur-fitur canggih, salah satunya adalah Pyrolytic Self-Cleaning yang berfungsi untuk menghilangkan kesulitan membersihkan oven. Cara kerja fitur ini adalah dengan memanaskan rongga oven ke suhu yang sangat tinggi.

Dengan begitu, sisa makanan akan berubah menjadi abu dan lebih mudah dibersihkan. Meski begitu, jangan keseringan menggunakan fitur ini. Agar lebih awet, Anda dapat membersihkannya secara manual.

Empat tips di atas akan membantu mempermudah Anda dalam membersihkan oven tanam supaya lebih awet dan tidak cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *